Aplikasi Browser Firefox: Alternatif Terbaik Pengganti Google Chrome Browser

Google Chrome memiliki tempat tersendiri pada pengguna ponsel Android. Browser ini sudah terinstall otomatis di hampir semua perangkat ponsel berbasis Android, yang memberikan keunggulan yang jelas dibandingkan alternatifnya. Salah satu alternatif browser yang mungkin pernah Anda dengar adalah Firefox, dan itu patut dicoba.

Browser Firefox dari Mozilla tentu bukan hal baru di dunia internet. Sudah ada di Android selama bertahun-tahun, tetapi juga banyak berubah pada waktu itu. Jika Anda belum pernah mencoba Firefox—atau sudah lama sekali—kami akan memberi Anda beberapa alasan untuk mencobanya lagi. Anda mungkin ingin menjadikannya sebagai browser Android default Anda.

Aplikasi Browser Firefox: Alternatif Terbaik Pengganti Google Chrome Browser

 
Ekstensi Browser

Anda mungkin berpikir ekstensi dan plugin hanya untuk browser desktop. Anda salah. Firefox untuk Android tidak memiliki banyak ekstensi—disebut “Add-on”—seperti versi desktop, tetapi memiliki beberapa ekstensi praktis yang mungkin Anda sukai.

Beberapa pengaya terbaik termasuk pemblokir iklan, mode gelap untuk setiap situs web, pengelola kata sandi, dan beberapa alat yang berfokus pada privasi dan keamanan. Pengaya ini sangat mudah dipasang dan menambahkan fitur yang tidak bisa Anda dapatkan di browser seluler lainnya.

Perlindungan Pelacakan yang Ditingkatkan

Privasi adalah hal besar dengan Firefox di semua platform dan versi Android tidak berbeda. Fitur "Perlindungan Pelacakan yang Disempurnakan" Mozilla dari desktop juga tersedia di Android.

Perlindungan Pelacakan yang Ditingkatkan melindungi Anda dari pelacak iklan, situs dengan penambangan kripto invasif, dan cookie yang melacak aktivitas Anda di seluruh situs. Memblokir semua pelacak ini sebenarnya dapat meningkatkan kecepatan pemuatan halaman juga.

Fitur ini diaktifkan secara default, tetapi jika Anda menginginkan perlindungan lebih, Anda dapat beralih ke mode "Ketat". Anda akan melihat ikon kunci kecil di bilah alamat saat Firefox memblokir pelacak.

Organisasi Tab

Tab adalah masalah yang cukup besar di browser, tetapi mereka selalu berantakan di browser seluler. Mereka tidak berguna di layar yang lebih kecil. Firefox mencoba membuat tab lebih baik dengan "Koleksi."

Dengan cara yang mirip dengan cara Anda mengatur bookmark, Koleksi memungkinkan Anda memasukkan tab ke dalam grup bertema. Katakanlah Anda sedang meneliti sesuatu untuk sebuah proyek. Anda dapat menyimpan semua tab dalam Koleksi dan mengaksesnya kapan pun Anda ingin masuk kembali. Anda bahkan dapat membuka semua tab dalam grup secara bersamaan.

Bilah Alamat Bawah

Ini mungkin tampak seperti hal kecil, tetapi tidak jika Anda adalah penggemar Chrome yang sangat bersemangat. Firefox memungkinkan Anda meletakkan bilah alamat di bagian bawah layar.

Google telah bermain-main dengan ini beberapa kali selama bertahun-tahun, tetapi tidak pernah berhasil menstabilkan Chrome untuk Android. Bahkan Safari di iPhone pun bisa melakukannya. Firefox memungkinkan Anda memilih apakah Anda menginginkannya di atas atau bawah. Jika Anda memiliki ponsel besar, bagian bawah jelas yang terbaik.

Tidak Dibuat oleh Google

Banyak orang masih memilih Firefox karena satu-satunya alasan bahwa itu tidak dimiliki oleh Google. Yang benar adalah, jika Anda menggunakan ponsel Android, Google memiliki banyak akses ke informasi pribadi Anda. Menggunakan Chrome hanya memberi mereka lebih banyak lagi.

Seperti disebutkan di atas, Firefox memiliki banyak fitur privasi yang hebat, dan itu termasuk privasi dari perusahaan seperti Google. Jika Anda tidak suka satu mega-perusahaan memiliki tangan di semua saku Anda, Anda dapat mulai dengan menggunakan browser yang berbeda.

Tentu saja, Anda harus berhenti menggunakan lebih dari sekadar Chrome, tetapi ini adalah permulaan. Firefox benar-benar browser yang solid dan jika Anda menggunakannya di desktop, Anda bisa mendapatkan banyak fitur sinkronisasi yang sama yang disukai orang tentang Chrome.

LihatTutupKomentar