Tips Cara Merekam Panggilan di Ponsel Android Ditengah Pembatasan Google

Ada panggilan telepon penting yang akan datang dan ingin merekam dan menyimpannya? Dengan aplikasi yang tepat, Anda dapat merekam panggilan masuk dan keluar di ponsel Android Anda.

Tips Cara Merekam Panggilan di Ponsel Android Ditengah Pembatasan Google
(Illustration: aklionka / Shutterstock)

Merekam panggilan telepon di perangkat Android bisa menjadi tantangan. Meskipun Aplikasi Google’s Phone sendiri menawarkan fitur perekaman, apakah itu berfungsi atau tidak tergantung pada operator Anda, wilayah, dan kondisi lainnya. Anda selalu dapat menggunakan perangkat perekaman eksternal, tetapi ada juga beberapa opsi di perangkat, dari Google Voice hingga aplikasi pihak ketiga.

Batasan Perekaman di Android

Google tidak pernah secara khusus menyukai aplikasi perekaman panggilan untuk Android, setidaknya tidak dari pihak ketiga. Dengan Android 9, perusahaan menambahkan batasan yang mencegah banyak aplikasi merekam percakapan telepon Anda. Aplikasi tampaknya berfungsi, tetapi saat Anda memutar rekaman, Anda hanya akan mendengar keheningan atau hanya akhir percakapan.

Dengan Android 10, Google menindak lebih jauh pada jenis aplikasi ini dengan memblokir perekaman panggilan melalui mikrofon. Sebagai tanggapan, banyak pengembang aplikasi mulai memanfaatkan Layanan Aksesibilitas Android untuk merekam panggilan telepon. Tetapi Google kemudian memperbarui kebijakan pengembangnya pada April 2022 untuk menyatakan bahwa itu tidak akan mengizinkan aplikasi di Play Store menggunakan layanan aksesibilitas untuk merekam panggilan. Kebijakan itu mulai berlaku pada 11 Mei 2022.

Perusahaan bahkan telah melangkah lebih jauh dengan memberi label rekaman panggilan sejenis spyware.

“Perilaku yang dapat dianggap memata-matai pengguna juga dapat ditandai sebagai spyware,” kata Google dalam kebijakan pengembangnya. “Misalnya, merekam audio atau merekam panggilan yang dilakukan ke telepon, atau mencuri data aplikasi.”

Di masa lalu, orang dapat menemukan solusi dari pemblokiran Google, seperti mengubah sumber atau format audio, memutar volume speaker sekeras mungkin, merekam secara manual alih-alih otomatis, dan bahkan me-rooting ponsel mereka. Yang lain sejak itu mengambil alih aplikasi perekaman panggilan melalui file APK daripada mengunduhnya langsung dari Google Play.

Versi Android yang terpasang di ponsel Anda juga berperan dalam semua ini. Aplikasi pada perangkat dengan Android 9 dan versi sebelumnya masih dapat merekam panggilan telepon tanpa menabrak batasan terbaru Google. Tetapi aplikasi di ponsel dengan Android 10 atau lebih tinggi yang mencoba menggunakan layanan aksesibilitas dapat melanggar kebijakan baru Google.

Sebuah Pertanyaan tentang Legalitas

Dengan asumsi Anda dapat menemukan aplikasi perekaman panggilan yang berfungsi, dapatkah Anda merekam panggilan telepon secara legal, terutama jika Anda tidak meminta izin kepada orang lain? Jawabannya tergantung di mana Anda tinggal. Undang-undang federal dan sebagian besar negara bagian AS mengizinkan perekaman telepon jika hanya satu pihak (ya, itu bisa jadi Anda) mengizinkannya. Beberapa negara bagian, bagaimanapun, mengharuskan kedua belah pihak untuk memberikan izin untuk direkam.

Negara-negara lain memiliki hukumnya sendiri, tentu saja. Untuk sepenuhnya menutupi diri Anda secara hukum, mintalah izin orang lain sebelum merekam panggilan. Dengan semua keterbatasan, batasan, dan hambatan di tempat terbuka, berikut adalah beberapa aplikasi yang mungkin dapat merekam percakapan ponsel Android Anda dengan satu atau lain cara.

Aplikasi Google’s Phone

Aplikasi Google’s Phone menawarkan perekaman panggilan bawaan, tetapi bergantung pada sejumlah kondisi. Aplikasi harus diinstal sebelumnya di ponsel Anda dengan pembaruan terbaru. Anda harus menjalankan Android 9 atau lebih tinggi. Dan yang paling ketat, wilayah, operator, dan perangkat Anda semuanya harus mendukungnya, yang membuat banyak ponsel dan lokasi tidak berfungsi.

Pastikan ponsel Anda menggunakan aplikasi Google’s Phone, dan bukan aplikasi Samsung Phone, misalnya. Jika Anda memiliki aplikasi yang tepat, buka, ketuk ikon tiga titik di kanan atas dan pilih Pengaturan. Ketuk Perekaman Panggilan untuk mengatur jenis panggilan yang ingin Anda rekam. Jika opsi Perekaman Panggilan tidak terlihat, maka ponsel Anda tidak dapat merekam panggilan melalui aplikasi.

Jika Anda memiliki opsi Perekaman Panggilan, ketuk tombol Rekam saat berikutnya Anda melakukan panggilan yang ingin Anda rekam. Setelah selesai, ketuk tombol Berhenti Merekam. Anda dapat mengakses rekaman di bawah bagian Terbaru dari aplikasi Telepon. Ketuk nama penelepon yang Anda rekam, pilih rekaman dari daftar panggilan, lalu ketuk Putar.

Google Voice

Dengan Google Voice, Anda memilih nomor telepon khusus yang digunakan untuk mengalihkan panggilan masuk ke ponsel Anda. Setelah Anda mengatur nomor telepon dan akun Google Voice Anda, ketuk ikon aplikasi di sudut kiri atas. Ketuk Pengaturan dan nyalakan sakelar untuk Opsi panggilan masuk untuk mengaktifkan perekaman panggilan.

Batasannya di sini adalah Anda hanya dapat merekam panggilan masuk. Saat Anda menjawab telepon, tekan angka 4 pada papan tombol untuk merekam percakapan. Sebuah pesan mengumumkan bahwa panggilan sedang direkam, jadi pastikan untuk mendapatkan izin orang lain sebelumnya. Untuk menghentikan perekaman, tekan kembali 4 pada keypad. Rekaman disimpan ke kotak masuk email Anda, di mana Anda dapat mendengarkannya atau mengunduhnya ke komputer Anda.

Aplikasi Automatic Call Recorder

Automatic Call Recorder adalah aplikasi perekaman yang sederhana namun efektif. Buka aplikasi dan berikan izin yang diperlukan untuk merekam audio, mengakses kontak Anda, melakukan dan mengelola panggilan telepon, serta mengakses foto dan media lainnya. Aplikasi kemudian memperingatkan Anda bahwa karena pembatasan Google Play baru, versi mendatang yang diunduh dari playstore mungkin tidak lagi merekam panggilan di perangkat ini.

Pada perangkat dengan Android 10 atau lebih tinggi, Anda harus mengaktifkan layanan aksesibilitas. Ketuk tombol Nyalakan. Pada layar pengaturan Aksesibilitas, ketuk entri untuk Perekam Panggilan di bawah Aplikasi yang diunduh dan nyalakan sakelar untuk Gunakan Perekam Panggilan. Izinkan aplikasi memiliki kontrol penuh atas perangkat Anda, artinya aplikasi dapat melihat dan mengontrol layar serta menampilkan dan melakukan tindakan tertentu. Kemudian kembali ke program.

Sebelum merekam apa pun, Anda harus mengonfigurasi aplikasi di menu Pengaturan. Di sini, Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan perekaman otomatis untuk panggilan masuk dan keluar. Anda juga dapat memilih untuk hanya merekam kontak tertentu. Di bagian Perekaman, pastikan untuk meningkatkan kenyaringan dan menyalakan volume rekaman. Ada juga opsi untuk mengaktifkan perekaman jika Anda menggoyangkan ponsel.

Jika Anda membiarkan perekaman otomatis aktif secara default, perekaman akan dimulai setiap kali Anda membuat atau menerima panggilan telepon. Anda kemudian dapat membuka aplikasi untuk melihat rekaman. Dari layar opsi, Anda dapat menyimpan panggilan sebagai file audio ke telepon Anda, menambahkan catatan panggilan, menghapus rekaman, atau membagikannya melalui email atau media sosial. Versi gratisnya didukung iklan, tetapi versi Pro $8,49 (Buka di jendela baru) menghapus iklan dan mengaktifkan fitur lainnya.

Dalam pengujian, Perekam Panggilan Otomatis bekerja di luar kotak pada perangkat Android 9. Saat menguji dengan Android 12, layanan aksesibilitas harus diaktifkan agar aplikasi dapat merekam panggilan.

LihatTutupKomentar