Link Download Aplikasi Cek Bansos - Aplikasi Resmi Untuk Pengecekan Penerima Bantuan Pemerintah

Dalam rangka transparansi dalam pendaftaran dan penyaluran bantuan sosial (Bansos) pemerintah, Kementrian Sosial (Kemensos) tela meluncurkan aplikasi cek bansos dan dapat di unduh atau di download melalui Google Play Store.

Dengan adanya aplikasi cek bansos diharapkan setiap calon penerima manfaat atau masyarakat kurang mampu dapat melakukan pendaftaran langsung melalui aplikasi yang nantinya langsung di verifikasi oleh tim Kementrian Sosial. Selain untuk pendaftaran, bagi yang suda terdaftar bisa melakukan pengecekan jadwal penyaluran bantuan setiap bulannya.

Adapun syarat untuk mendaftar di aplikasi cek bansos cukup sederhana, calon penerima hanya perlu menyiapkan Kartu Tanda Pengenal (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), alamat email, no HP dan tentu saja calon pendaftar harus memiliki ponsel untuk melakukan pendaftaran.

 


Untuk langkah-langkah pendaftaran nya adalah sebagai berikut

  1. Unduh atau download aplikasi cek bansos langsung dari Google Play Store atau bisa langsung KLIK DISINI.
  2. Setelah proses download dan installasi selesai, silahkan buka aplikasinya.
  3. Lakukan pendaftaran dengan mengklik tombl “Buat Akun Baru” untuk anda yang belum mempunyai akun.
  4. Isi data diri anda sesuai dengan yang diminta sesuai data diri yang ada di KK dan KTP.
  5. Upload atau lampirkan asil foto KTP anda dan ambil foto selfi sambil memegang KTP. Anda juga harus melampirkan foto rumah dengan tampak depan pada kolom yang sudah disediakan.
  6. Lakukan pemeriksaan data yang sudah di isi apakah suda sesuai dan pastikan foto-foto yang diminta terlihat jelas.
  7. Setelah yakin semuanya sesuai dengan yang diminta, lanjutkan dengan mengklik “Buat Akun Baru”.
  8. Setelah proses pendaftaran selesai dan anda suda terdaftar di aplikasi, lanjutkan dengan memilih menu “Daftar Usulan” dan kemudian klik "Tambah Usulan".
  9. Isi kembali data yang diminta sesuai data diri anda, anda juga diminta memilih jenis bantuan sosial 2022 yang sesuai untuk anda, pilihannya adalah BPNT dan PKH.
  10. Jika sudah sesuai, maka lanjutkan dengan klik "Tambah Usulan" 


 

Setelah langkah-langkah diatas selesai maka data yang anda kirim akan divalidasi oleh tim kemensos dan jika sesuai maka anda akan menerina pemberitauan melalui email atau langsung ke no HP yang sebelumnya anda masukan pada saat pendaftaran.

LihatTutupKomentar